Akuntansi Berperan di Masa Pandemi (02 Nov 20)

Kolaka - Akuntan diyakini tidak akan pernah mati.  Profesi yang berkaitan dengan pencatatan keuangan ini akan selalu ada, dan memberikan perannya di era pandemi Coronavirus Desease (Covid)-19 saat ini.  Hal tersebut menjadi motivasi yang disampaikan para pemateri pada kuliah umum Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Pemateri pertama adalah Andro H.B Makahinda, SE., M.Acc., Ak, sebagai Budget and Cost Control Unit Head PT Saptaindra Sejati (ADARO Group). Adapun pemateri kedua adalah Arly Leonard Manafe, SE., M.Acc., Akt., CA., CPA., Asean CPA., ASA CPA (Aust.)., CFE., CFCS., CAMS., QIA., CIA, selaku Senior Auditor bagian Forensic and Integrity Service-Ernst & Young Indonesia. Keduanya merupakan akuntan berpengalaman di perusahaan (akuntan manajemen) dan praktisi di sektor publik (akuntan publik dan forensik).

“Saat ini saya yang berada di sini, bisa jadi tahun berikutnya adalah anda-anda para peserta yang akan berada di posisi yang sama,” kata Arly pada kuliah virtual dengan tema ‘Peran Akuntan dalam Pemulihan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19’. Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa akuntansi dari berbagai angkatan. Sementara itu, Andro  menambahkan, keuksesan perlu dibekali dengan ketekunan dan keuletan dalam melaksanakan setiap aktivitas.  

Kuliah umum dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Abdul Sabarudin, S.Sos.,M.Si   dan dipandu oleh dosen akuntansi Nichen, SE., M.Si. dan  Sabarudin, SE., M.M. Inisiator kegiatan Arnadi Chairunnas, SE., M.Acc., Ak., CA mewakili rekan-rekan dosen dan mahasiswa Prodi Akuntansi mengucapkan terimakasih atas dukungan Dekan FISIP, Nursamsir SE, M.Si, dan wakil dekan serta pemateri sehingga kuliah umum tersebut dapat terlaksana dengan baik.  Akuntasi merupakan prodi baru di FISIP USN Kolaka yang memiliki izin operasional pada 2017 lalu.  Walaupun demikian, prodi ini setiap tahun menarik minat mahasiswa baru USN Kolaka.  Indar IJ