Rektor: Jangan Pernah Malu Berwirausaha (30 Nov 20)

Kolaka – Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr. Azhari, S.STP.,M.Si, mengimbau para alumni USN Kolaka untuk tidak melepas peluang dan kesempatan menjadi pelaku usaha. “Yang harus diupayakan oleh sarjana adalah  menciptakan lapangan kerja baru. Mulailah jadi wirausahawan baru. Jangan pernah malu,” kata Rektor Azhari dalam amanatnya kepada wisudawan angkatan IX di auditorium USN Kolaka, Senin (30/11/2020) siang. Dekan FISIP USN Kolaka, Nursamsir, SE.,M.Si turut hadir dalam wisuda ini.

Ia mengaku bangga jika terdapat sarjana USN Kolaka merintis usaha sendiri.  “Kalau gengsi berarti kalian masih ikut mental inlander,” katanya.  Mental inlander yang juga dimaksud rektor adalah menjadi pegawai negeri selepas kuliah. Menurutnya, di Kolaka saja tidak sedikit orang yang sukses tanpa mengecap bangku kuliah. Contoh yang layak diteladani.

Kata rektor, merujuk data Badan Pusat Statistik tahun 2020, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Provinsi Sulawesi Tenggara mencapai 70 ribu orang. Jumlahnya membengkak lebih dari 100 ribu orang ditambah pegawai dengan status honorer. Ia membandingkan dengan Negara Sabah dalam perserikatan Kerajaan Malaysia yang jumlahnya hanya 7 ribu orang. Melubernya jumlah pegawai di Indonesia menyebabkan negara harus menalangi beban gaji, tunjangan, dan operasional pegawai. “Inikan manajemen yang menyebabkan Indonesia semakin susah, sehingga membayar gaji sudah berat. Jadi utang,” tegas doktor jebolan Universitas Gajah Mada ini.

Rektor juga mengingatkan bahwa kesuksesan yang diraih sejauh ini adalah berkat doa dan keridhaan orang tua. Karenanya, selagi orang tua masih hidup, jangan pernah menyakiti mereka. 

Pada bagian lain, Rektor mengatakan perjuangan menegerikan USN Kolaka adalah ikhtiar menjadikan kampus ini sebagai Darma Rakyat Mekongga untuk kemajuan bangsa. “USN hari ini 30 prodi (program studi), sebelumnya saat swasta 11 (prodi). Alhamdulillah, semua ini cita-cita kita semua, bahwa di Kolaka ada perguruan tinggi yang kita wariskan untuk anak cucu kita,” tukasnya. Penamatan atau wisuda USN Kolaka berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Senin (30/11/2020) hingga Rabu (2/12/2020). Pada Senin kemarin, wisuda dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 08.30-09.30 Wita untuk 142 mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI). Sesi kedua pukul 13.00-14.00 Wita untuk 44 mahasiswa FTI dan 98 mahasiswa Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.  Pelaksanaan wisuda berlangsung sesuai protokol kesehatan dan dalam pengawasan Satgas Covid-19 Kolaka. Panitia menyiapkan sabun cair dan tempat mencuci tangan, menyediakan hand sanitizer, masker, dan senantiasa mengingatkan wisudawan dan pendamping untuk menjaga jarak. Indar IJ