FISIP USN Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat Kolaka

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka  akan melakukan survey kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaran pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Kolaka.

“Studi ini dilakukan sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat,” kata Dekan FISIP Nursamsir, SE., M. Si.

Menurutnya pelaksanaa survey ini untuk mengetahui kualitas pelayanan publik  yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kolaka terutama pelayanan yang menyentuh secara langsung seperti sektor pendidikan, kesehatan, infrastuktur dan lingkungan.

“Survei ini untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan pemerintah Kabupaten Kolaka dan  melihat secara obyektif apakah pelayanan yang dilakukan selama ini telah memuaskan masyarakat apa belum,” jelasnya.

Pelaksanaan survey yang baru kali pertama dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini akan menyoroti dua masalah pokok yakni pertama  tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dan kedua tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

“Pelaksanana survey akan dilakukan dibeberapa kecamatan di Kabupaten Kolaka dengan teknik sampling,” katanya.

Secara terpisah, penanggungjawab survey Dr. Abdul Sabaruddin, M. Si mengatakan pengukuran kepuasan masyarakat merupakan elemen penting dalam penyediaan pelayanan yang baik kepada publik.

“Apabila masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan pemerintah, maka pelayanan tersebut sudah dipastikan tidak akan efektif dan tidak efisien, katanya.

Menurut Wakil Dekan I FISIP USN Kolaka ini, hasil dari pengukuran ini akan dijadikan sebagai bahan mahasiswa untuk melakukan kajian akademik terkait dengan isu tentang tata kelolah pemerintahan yang baik (good governance). Dimana keberhasilan pemerintah dalam menerapkan good governance harus berfokus pada upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

”Untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, salah satu unsur yang harus diperhitungkan adalah akuntabilitas. Akuntabilitas suatu organisasi publik, salah satu penilaiannya adalah kinerja organisasi publik tersebut. Sedangkan untuk menilai kinerja organisasi apakah baik atau tidaknya dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan,” kata Sabaruddin.

You may also like...

Your email will not be published. Name and Email fields are required