S1 Ilmu Administrasi Negara

PROFIL PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

Visi

Mewujudkan program studi Administrasi Negara yang unggul dengan menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, maju dan memiliki kompetensi di bidang administrasi pembangunan dan kebijakan publik.

Misi

Meningkatkan kualitas pelayanan Tri Dharma dalam menyukseskan program atmosfir akademik dengan upaya :

  • Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya administrasi negara, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  • Meningkatkan kompetensi di bidang Administrasi Negara bagi dosen dan mahasiswa Administrasi Negara yang dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi dan mengelola perubahan yang terjadi dalam masyarakat
  • Meningkatkan sistem pendidikan Administrasi Negara agar dapat mencapai standar kualitas melalui program pengajaran secara regular
  • Mengembangkan daya kritis dan kepekaan sosial dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penelitian dan pengkajian berbagai persoalan yang terjadi di bidang administrasi publik dan kehidupan masyarakat pada umumnya.

Tujuan

  • Mengembangkan kerjasama dengan lembaga keilmuan maupun lembaga pemerintahan daerah.
  • Membentuk manusia beriman dan bertaqwa, kreatif, kritis, inovatif, produktif, memiliki jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab.
  • Melaksanakan tanggung jawab sosial untuk membantu mewujudkan kesejahteraan publik melalui interaksi yang dinamis dengan berbagai pihak.
  • Menghasilkan Sarjana Adminisrasi yang tangguh dan profesional baik dalam bidang keilmuan (analisis) maupun praktis, terutama dalam pengambilan keputusan dan implementasi program yang berkaitan dengan masalah-masalah Publik (Public Affairs) serta Otonomi Daerah.
  • Mengembangkan kerjasama dengan lembaga keilmuan maupun lembaga pemerintahan daerah.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

  1. Sasaran

Berdasarkan visi dan misi yang telah dirumuskan, maka Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki sasaran sebagai berikut:

  1. Meningkatan kualitas manajemen dan organisasi Program studi dengan program kegiatan; (a) Pengembangan iklim kerja yang kondusif, (b) Peningkatan layanan mahasiswa: akademik dan non akademik, (c) Peningkatan pencapaian tujuan pendidikan: relevansi dan kualitas lulusan, serta (d) Pengembangan hubungan program studi dengan masyarakat melalui dunia usaha dengan kerjasama.
  2. Meningkatan mutu proses belajar mengajar dengan program kegiatan meliputi; (a) Pemutahiran bahan ajar dan media pengajaran, (b) peningkatan kualitas dosen dengan memberikan kesempatan kepada dosen yang masih S1 untuk melanjutkan S2 dan S2 ke jenjang S3.

Adanya rumusan visi, misi dan tujuan di atas merupakan kekuatan lembaga Program Studi Administrasi Negara untuk melaksanakan tanggung jawab sebagai lembaga pendidikan dalam bidang adminisrasi. Namun di sisi lain Program studi Administrasi Negara memiliki kelemahan dalam mengimplementasikan visi, misi dan tujuan. Hal ini disebabkan oleh belum maksimalnya koordinasi yang dilakukan oleh pimpinan fakultas dalam pengelolaan kurikulum, monitoring perkuliahan, dan sistem administrasi pengelolaan nilai mahasiswa. Peluang yang dimiliki Program studi Administrasi Negara di masa yang akan datang adalah keberadaannya sebagai satu-satunya program studi bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Kabupaten Kolaka

  1. Strategi

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang ditetapkan, telah dikembangkan strategi dan arah pengembangan yang akan dilaksanakan di waktu yang akan datang. Strategi dan arah pengembangan tersebut antara lain meliputi:

  1. Pengembangan program pendidikan dan pengajaran secara otonom.
  2. Pengembangan program penelitian.
  3. Pengembangan program pengabdian kepada masyarakat.
  4. Pengembangan program kerjasama dengan lembaga/perguruan tinggi lain.
  5. Pengembangan program usaha yang baik dan etis serta terencana untuk mendukung

Rencana strategis yang ditetapkan akan dilaksanakan secara bertahap dan ditekankan pada aspek kuantitas dan kualitas, universalisme, serta spesialisasi yang seluruhnya dikembangkan secara selaras, serasi, dan seimbang yang terdiri atas:

1) Program akademik

  1. Penataan kurikulum yang disesuaikan dengan kurikulum nasional dan tuntutan kebutuhan pengguna.
  2. Membuka program studi baru sesuai tuntutan perkembangan kebutuhan pasar.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan dunia industri serta pemerintah daerah.

2) Program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian.
  2. Meningkatkan kinerja unit penelitian yang ada.
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan lembaga internal dan eksternal.
  4. Menyelenggarakan lokakarya metodologi pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan kerjasama lintas sektoral dengan masyarakat dan pemerintahdaerah.

3) Program kemahasiswaan

  1. Peningkatan jumlah penyandang dana beasiswa.
  2. Peningkatan program-program pembekalan keterampilan profesional.
  3. Bidang kerjasama yang dirintis dengan pihak swasta

Dalam mengimplementasikan visi, misi, dan tujuannya, Program Studi Administrasi Negara menetapkan sejumlah sasaran, antara lain yaitu proses belajar mengajar dilaksanakan dengan mengacu pada standar yang berlaku secara nasional, materi kuliah yang diajarkan selalu disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dunia usaha dan perkembangan yang terkini (up todate), kegiatan seminar ilmiah dilaksanakan secara periodik dan kontinyu, buku-buku dan materi ajar yang disediakan selalu diusahakan dapat memenuhi standar. Dosen dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terkini baik melalui studi lanjut, aktif di dalam organisasi profesi, aktif di dalam kegiatan seminar, aktif di dalam pembuatan dan penerbitan karya-karya ilmiah (buku-buku, materi ajar, dan jurnal berstandar nasional). Tujuan proses pendidikan difokuskan pada efisiensi proses belajar mengajar, terciptanya profil lulusan yang memiliki etika akademik dan reputasi kualifikasi akademik, perbaikan berkelanjutan bagi staf pengajar, staf administrasi, saranaprasarana, dan pemeliharaan atmosfir akademik yang kondusif.

Sosialisasi

Visi, Misi dan Tujuan ini kemudian dijadikan pedoman dalam menjalankan organisasi dan acuan studi dalam penyusunan program kerja dan anggaran, termasuk program pembinaan mahasiswa. Pada aspek akademis, berdasarkan visi, misi dan tujuan serta berdasarkan faktor-faktor di atas kemudian program studi bersama fakultas mengembangkan program-program akademik, serta selanjutnya merumuskan standar kompetensi dan kurikulum di program studi.

Selanjutnya untuk mendukung kelancaran implementasi program-program akademik, dilaksanakan pengembangan sumberdaya manusia dan pengadaan sarana dan prasarana. Pelaksanaan program ini mengacu pada visi, misi dan tujuan FISIP Universitas 19 November (USN) Kolaka.

Agar visi, misi dan tujuan Program Studi Administrasi Negara FISIP USN Kolaka dipahami oleh stakeholder, khususnya personalia di program studi maka program studi mendokumentasikan visi, misi dan tujuan pada rencana strategis FISIP USN Kolaka. Buku Pedoman Akademik, sosialisasi melalui pemasangan banner di tempat strategis di lingkungan fakultas. Selain itu juga mensosialisasikan pada orientasi pendidikan mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru. Dengan demikian, visi, misi dan tujuan Program Studi Administrasi Negara dipandang dan realistis dan berorientasi ke masa depan serta konsisten dengan perkembangan nilai-nilai pendidikan tinggi.

About

Comments are closed.